Friday 13 May 2016

DESA TUKKA DOLOK

Deskripsi Wilayah 
          

          Desa Tukka Dolok yang terletak di Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan desa yang di kelilingin gunung dan memiliki panorama indah. Dengan batas desa sebelah utara berbatasan
langsung dengan Kabupaten Tapanuli Tengah, sebelah selatan dengan ibukota Kabupaten Pakkat, sedangkan sebelah barat dan timur langsung berbatasan dengan hutan. Jarak tempuh dari pusat Kecamatan Pakkat sepanjang kurang lebih 5 km ditempuh selama 40 menit sedangkan jarak menuju kota Kabupaten Humbang Hasundutan yaitu Kota Dolok Sanggul 85 km dengan jarak tempuh 2 jam 30 menit dan 560 km menuju kota propinsi dengan jarak tempuh kurang lebih 9 jam kendaraan bermotor. Jumlah penduduk kuran lebih 1.860 jiwa (286 Kepala Keluarga) terdiri dari laki-laki 952 jiwa dan perempuan 908 jiwa. 
Sarana dan prasarana pendukung
          Sarana air bersih berasal dari PAM umum dan hampir 90% penduduk menggunakanya. Sarana dan prasarana jalan 99% sudah diaspal . Biasanya penduduk menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor untuk sehari-hari dan angkutan umum pada jam tertentu, khususnya jam masuk keluarnya anak sekolah. Masyarakat desa ini sudah 100% dapat menikmati listrik. Penduduk desa Tukka Dolok mayoritas Kristen dan kurang lebih 4 gereja untuk beribadah. Untuk sarana pendidikan, di desa Tukka Dolok hanya terdapat 3 sekolah dasar. Untuk melanjut ke sekolah menengah pertama dan tingkat atas, masyarakat desa Tukka Dolok harus ke ibukota kecamatan.
        Penyebaran Responden Penyebaran Rumah tangga Sampel dalam survey SEDAP cukup mudah, karena hampir semuanya berada di dusun 1 dan 2 dan dekat dengan kantor kepala desa. Jarak rumah responden yang paling jauh kurang lebih sekitar 1 Km dan di tempuh dengan jalan kaki. 
Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat 
            Desa Tukka dolok memiliki luas lahan kurang lebih 9.234 dan hampir 50% merupakan hutan dan ada beberapa wilayah untuk pemukiman warga, sawah dan perkebunan warga. Rata-rata pendidikan masyarakat di desa ini mayoritas adalah tamatan SLTA dan SLTP hanya sedikit tamatan D3 dan Sarjana. Pada umumnya masyarakat desa ini bekerja sebagai petani. Sarana dan prasarana komunikasi dan informasi di desa ini tergolong cukup memadai, karena kepemilikan telepon seluler di desa. Akses informasi dan hiburan penduduk desa telah tersedia melalui media elektronik yang dapat dinikmati masyarakat dengan penggunaan digital atau antena parabola. Di desa Tukka dolok terdapat program PNPM/PPK yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005, di mulai dengan SPP dan pada tahun ini adanya pembangunan irigasi untuk pengairan sawah. Sejalan dengan pelaksanaannya, program dari PNPM/PPK telah dapat dilihat manfaatnya untuk kemajuan desa tersebut.

1 comment: